Loading...
Kamis, 03 Oktober 2013

[Logic Series] Berapa Kerugianku?

Nah, ini ada cerita yang membingungkan, silahkan dicermati dan dijawab
  • Saat jalan-jalan disuatu pagi aku menemukan uang kertas senilai rp 100.000 aku lalu mengambil nya dan membawa pulang uang tersebut
  • uang itu kemudian aku tandai dengan tanda tangan kecil sebagai kenang2an ditemukan nya uang itu
  • Di sore hari tukang ledeng datang menemui ku untuk meminta biaya tagihan perbaikan sebesar 100rb karena aku tidak punya uang lain dirumah aku membayar tagihan nya dengan uang rp 100.000 yang aku temukan dijalan sebelum nya
  • Kemudian aku mengetahui bahwa tukang ledeng itu membayar uang itu pada penjual susu untuk tagihan bulanan nya dan besar nya juga sama yaitu 100rb
  • Kemudian ternyata si penjual susu membayar lagi uang 100rb itu ke penjahit baju yang membuat baju untuk nya 
  • Penjahit kemudian menggunakan uang 100rb itu untuk membeli mesih jahit tua dari seorang wanita yang tinggal di lingkungan ku
  • Wanita itu secara kebetulan juga ternyata berutang pada ku sebesar 100rb karena membeli sebuah baju dari ku 
  • Wanita itu ingat akan hutang nya pada aku maka dia pun datang membayar utang nya pada aku
  • Sungguh kaget aku menerima uang itu karena itu uang yang sama yg dipakai aku saat membayar biaya ledeng di awal tadi karena ada tanda tangan aku di uang itu
  • Tiba2 datang lah seorang teman aku untuk menagih hutang ke aku,ups aku teringat berutang pada teman ku 100rb,dengan terpaksa aku membayar teman ku itu dengan uang 100rb itu 
  • Keesokan hari nya teman ku itu pergi ke bank untuk menyetor uang 100rb itu ke tabungan nya 
  • kaget lah dia ternyata itu uang palsu kata petugas teller di bank itu
  • Pulang lah teman ku ini ke aku dan meminta lagi uang yang baru,kebetulan aku sudah ada uang lagi 100rb maka aku pun membayar nya dan kali ini uang asli karena uang itu diterima oleh teller bank 
  • nah dalam cerita diatas berapa kerugian uang yang aku alami ?

Jawab:
Kerugian: 100 ribu (dan Keuntungan: 100 ribu)

Penjelasan
Rugi karena piutang dari wanita yang tinggal di lingkunganku seharusnya tetap 100 ribu/ belum dibayar
Untung karena membayar tukang ledeng sebesar 100 ribu tanpa keluar uang dari kantong

Adapun utang, maka tidak termasuk dalam kerugian maupun keuntungan karena hutang memang harus dibayar
Terima kasih atas kunjungan anda pada artikel yang berkategori Logic Series / Uang dengan judul [Logic Series] Berapa Kerugianku?. Silahkan berkomentar dengan sopan dan baik.

2 komentar:

 
TOP