Loading...
Rabu, 29 Mei 2013

[Math Series] Kemana Uang yang 1 Juta...?

Q:

  • Saya pinjam uang kepada si A = 50 Juta dan kepada si B = 50 juta, total pinjaman saya 100 juta,
  • Kemudian saya membeli mobil dengan harga 97 juta, sisa uang saya 3 juta. 
  • Untuk mengurangi hutang, saya kembalikan 1 juta ke si A , 1 juta ke B, dan 1 juta lagi saya kantongi. 
  • Jadi jumlah hutang saya terhadap si A = 49 juta dan terhadap si B = 49 juta. 
  • Tetapi bila dijumlah : 49 juta + 49 juta = 98 juta + 1 juta di kantongku, totalnya 99 juta padahal tadi ada 100 juta.


Kemana uang 1 juta ya?

A:
Mari kita hitung
Debet = Kredit
Aset+Kas=Kredit A+ Kredit B
Mobil+Sisa Uang=50jt +50Jt
97jt+3jt=100jt

Masih pas, lanjut

Bayar utang ke A dan B masing2 1 juta
97jt (mobil)+1jt(uang dikantong)=100jt-2jt
98jt=98jt

pas

Kesalahan perhitungan terjadi di baris paling bawah. Seharusnya 49 juta + 49 juta (kredit) - 1 juta (uang dikantong/kas) = 97 juta (harga mobil); atau 49 juta + 49 juta (kredit) = 97 juta (mobil) + 1 juta (kas)=98jt

Ingat, kredit = debet
Kredit di soal ini bisa diganti menjadi Hutang
Debet di soal ini bisa diganti menjadi Aset (Mobil) dan Kas (Sisa uang)

Note: Kesalahan sering terjadi karena kita terlalu njlimet dalam berhitung, padahal sebenarnya sederhana. So, klo bisa dipermudah, kenapa dipersulit?

Terima kasih atas kunjungan anda pada artikel yang berkategori Hutang / Math Series / Uang dengan judul [Math Series] Kemana Uang yang 1 Juta...?. Silahkan berkomentar dengan sopan dan baik.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

 
TOP